Menjadi (Manusia) Dji Sam Soe

Dji Sam Soe, sebuah nama yang terdengar sangat familiar di telinga perokok Indonesia, bahkan bagi sebagian pencinta kretek, rokok yang dibalut bungkus kertas hijau dengan simbol angka 234 adalah salah satu Mahakarya Indonesiadari putera Indonesia kelahiran Provinsi Fujian, Cina bernama Liem Seeng Tee yang diciptakan pada tahun 1913 di Surbaya yang sampai saat ini diproduksi oleh PT. HM Sampoerna Tbk.
Disini saya tidak akan membawa kawan-kawan pembaca untuk bersama-sama menikmati ramuan khas dari kretek Dji Sam Soe, namun saya akan sedikit mengupas hal-ihwal simbol-simbol yang ada pada produk 234 itu.
Kata DJI SAM SOE memiliki 3 suku kata dan masing-masing terdiri dari 3 huruf. DJI (3) SAM (3) dan SOE (3) jika dijumlahkan kesemua huruf-nya akan berjumlah 9. Kemudian, jika pembaca sekalian lupa, coba sesekali menjadi iseng untuk menghitung jumlah bintang yang tertabur dalam logo tersebut, maka akan ditemui 9 bintang dengan masing-masing bintang memiliki 9 sudut.
Kita juga akan temukan keunikan dari PT. HM Sampoerna Tbk. Perhatikan pada kata: S-A-M-P-O-E-R-N-A. Dan lagi-lagi dapat kita temukan jumlah huruf dari kata SAMPOERNA ada 9 huruf. Tidak hanya itu, perhatikan juga logo perusahaan tersebut pada tengah-tengahnya huruf O pada urutan kelima dari kata SAMPOERNA Alhasil segala aspek dari perusahaan- sampai produknya dijejali makna kesempurnaan yakni angka 9. Bahkan, pihak PT. HM Sampoerna Tbk. menetapkan jumlah karyawan untuk memproduksi DJI SAM SOE Kretek di SAMPOERNA HOUSE (Surabaya) berjumlah dua ratus tiga puluh empat (234) orang, tidak lebih dan tidak kurang.
Angka 234, jika dijumlahkan dengan mudah kita dapat melihat angka 9 sebagai totalnya (2+3+4=9). Angka 9 menunjukkan arah mata angin: timur, tenggara, selatan, barat daya, barat, barat laut, utara, timur laut, dan tengah. Angka 9 menunjukkan kesempurnaan lubang pada tubuh manusia: lubang mata (2), lubang hidung (2), lubang telinga (2), lubang mulut (1), lubang kemaluan (1), dan lubang anus (1). Angka 9 merupakan angka tertinggi pada hirarki puncak angka dasar, karena setelah angka 9 akan terdiri dari dua angka. Angka 9 merupakan angka tinggi dalam pencapaian nilai ujian tapi tidak terlalu sempurna, karena nilai sempurna adalah 10. Ini dapat diafiliasikan terhadap makna hidup merupakan kedudukan yang tidak terlalu sempurna tapi tetap bernilai tinggi!
Jika kita afiliasikan pada ajaran islam maka, Dji (2) merupakan jasad dan ruh, Sam (3) merupakan islam, iman, dan ihsan, Soe (4) merupakan syariat, tarikat, hakikat, dan makrifat. Alhasil, 2 + 3 + 4 = 9 adalah pencapaian tertinggi menuju hadirat Allah SWT. Kedudukan yang tidak terlalu sempurna tapi tetap bernilai tinggi di sisi-Nya! Kedudukan Maha Sempurna hanya milik Allah SWT.
Mari lanjutkan pada kata FATSAL-5 pada logo produk 234 itu. Ada beberapa makna penting berkaitan dengan angka 5, baik keagamaan maupun bagi bangsa Indonesia. 

Angka 5 adalah angka yang sangat pancasilais. Orang yang suka dengan angka 5 memiliki semangat patriotisme yang tinggi demi bangsa dan Negara.

Rukun Islam ada 5. Melaksanakan 5 rukun Islam berarti sebuah kesempurnaan. Obat hati ada 5. Senantiasa dengan obat hati yang 5 hatinya sehat. Sholat fardu yang dikerjakan sehari semalam sebanyak 5 waktu. Sholat tiangnya agama, barang siapa meninggalkan sholat maka ia merobohkan agamanya. Pesan Nabi bahwa jaga yang 5 sebelum datang yang 5 yaitu: pergunakan masa mudamu sebelum datang masa tuamu, pergunakan masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, pergunakan waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, pergunakanlah waktu kayamu sebelum datang waktu miskinmu, dan pergunakan hidupmu sebelum datang matimu.

Di lingkungan penganut spiritual dan di masyarakat jawa terkenal molimo (5M) atau emoh limo yaitu, emoh MAIN (judi, penjudi), emoh MADON (prostitusi, laki-laki & perempuan), emoh MALING (mencuri, rasuah, dll), emoh MADAT (candu, dadah, ubat-ubatan), emoh MABOK (minuman keras, mabuk)

Sedangkan fatsal, atau pasal, atau fashol (arab) bermakna pembatas antara dua hal berbeda, artinya untuk mencapai SAMPOERNA amalkanlah FATSAL 5 itu, bentengi diri dengan FATSAL-5
Semoga bermanfaat.